Konstruksi

Sudah Tahukah Fungsi Besi Dowel? Jika Belum Yuk Simak Disini!

Ciptakonstruksi.com – Banyak beberapa di antara Anda yang belum mengenal besi ini. Besi yang dinamakan besi dowel ini dapat Anda temukan pada setiap proyek jalan yang sedang dibangun. Hal ini karena fungsi besi ini sendiri yang berkaitan dengan proyek jalan tersebut. Dowel merupakan material penghubung antara 2 komponen struktur yang sedang dibangun. Dowel sendiri merupakan batang baja berbentuk polos maupun profil. Dengan bahan yang kuat ini, dowel menjadi sarana penyambung atau pengikat untuk perkerasan jalan dengn tipe rigid pavement.

Sudah Tahukah Fungsi Besi Dowel

Nah, dari definisi di atas Anda bisa mengetahui secara rinci fungsi dari dowel? Apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

Penyalur Beban

Dowel memiliki fungsi sebagai penyalur beban. Fungsi ini diterapkan pada sambungan yang terpasang, yaitu dengan separuh panjangnya diikat dan separuh panjang lainnya yang dilumasi atau dicat. Hal ini dilakukan agar besi dowel memiliki kebebasan untuk bergeser. Artinya, dowel dapat begerak tanpa ikatan yang kencang. Selain itu, pada setiap dowel juga terdapat bar. Ini dinamakan bar dowel, berupa batang baja dengan ukuran yang pendek. Batang baja ini memiliki sambungan mekanis antar slab. Meski bersifat menyambungkan, namun bar dowel tetap tidak membatasi gerakan sendi horizontal. Sebaliknya, dowel dapat meningkatkan efisiensi pada setiap transfer beban antar sambungan slab beton.

Menguatkan Konstruksi Badan Jalan

Nah, fungsi kedua ini tampaknya sudah banyak yang mengetahui. Fungsi ini juga berkaitan langsung dengan rigid pavement, yaitu pengerasan kaku. Rigid pavement meliputi konstruksi pengerasan, di mana bagian lapisan atas menggunakan pelat beton sebagai pondasi. Selain diletakkan di atas pondasi, juga bisa diletakkan di atas tanah dasar atau langsung di atas dasar subgrade. Artinya, dengan adanya  besi dowel ini, badan jalan dengan rigid pavement dapat terkontruksi dengan kuat.

Menghambat Retakan

Fungsi ini berkaitan dengan fungsi pertama tadi. Ada alasan mengapa pemasangannya dibuat bebas bergeser. Hal ini untuk menghindari kecerendungan beton yang memuai dan menyusut akibat pengaruh adanya perubahan temperatur. Pemasang besi dowel dengan bebas bergeser ini juga dapat menghambat retakan badan jalan. Dengan demikian, jalan dapat kokoh mulus terpasang.