Perbandingan Bata Ringan dan Bata Merah Menurut Kontraktor Rumah
Rekonstruksi

Perbandingan Bata Ringan dan Bata Merah Menurut Kontraktor Rumah

Sekarang ini ketika kita akan membangun sebuah hunian kontraktor rumah lebih dulu akan memposisikan kita di antara dua pilihan jenis bata, yakni bata ringan dan bata merah. Sebab kitalah yang tetap memutuskan material apa yang akan dipergunakan pada bangunan. Sebetulnya kita tidak perlu ambil pusing soal bagaiman cara terbaik untuk menentukan pilihan.

Segala jenis material yang akan anda pakai nantinya harus anda pertimbangkan berdasarkan pada nilai anggaran belanja yang mampu anda sediakan. Dari situ anda tinggal memastikan bahwa jika anda memilih bata ringan atau bata merah apakah anda bisa mendapatkannya dalam jumlah yang cukup dengan dana yang telah anda alokasikan atau tidak.

 

Membandingkan Antara Bata Ringan dan Bata Merah

Kami telah merangkum informasi dari salah satu kontrakto besar di Jakarta, Wahanacipta tentang perbendaan dari dua bahan bangunan ini. Jadi langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

  • Kelebihan Bata Merah

Bata merah merupakan jenis material yang sejak dulu menjadi favorit orang – orang untuk membangun gedung rumah. Bahkan saking lamanya bahan bangunan tersebut bisa dikatakan sudah eksis sejak jaman kerajaan di Nusantara.

Produk ini juga terkenal memiliki harga yang sangat murah sehingga tak mengherankan jika penggunaannya banyak ditemukan pada bangunan rumah. Hal ini dikarenakan pembangunan rumah adalah produk perorangan yang cenderung hanya mempunyai anggaran terbatas.

Meskipun harganya murah namun kekuatan bata merah sudah tak perlu diragukan lagi. Material ini paling cocok digunakan untuk membentuk tembok.  Walau begitu dengan campuran bahan tambahan seperti kapur, bata merah dapat dipakai pada bagian pondasi bangunan.

 

  • Keunggulan Bata Ringan

Bata ringan sendiri sudah cukup lama dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Akan tetapi minat masyarakat terhadap produk ini masih bisa dikatakan minim. Alasannya karena mereka sulit untuk merasa yakin bahwa produk ini mempunyai level kekokohan yang memadai. Anggapan ini pada dasarnya muncul karena bobot dari jenis bata ini sangat ringan jika bandingkan dengan bata merah.

 

Terlepas dari ketidakyakinan masyarakat terdapat fakta bahwa bata ringan semakin sering dijadikan salah satu alternatif untuk mendirikan rumah idaman. Jenis material ini memang mempunyai keunggulan tersendiri. Bata merah yang bisa kita dapatkan selalu mengusung ukuran besar. Positifnya pekerjaan pembangunan rumah menjadi lebih cepat selesai. Hal ini dikarenakan untuk menutup area seluas 1 meter persegi saja hanya dibutuhkan bata ringan sebanyak 8 buah.

Pada setiap produk yang berbeda pasti selalu ada kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dengan mengetahui informasi ini anda sudah bisa malakukan pertimbangan soal mana yang akan anda pilih. Intinya sesuaikan saja pemilihan bahan bangunan dengan budget yang anda miliki sehingga tidak terlalu menguras kantong anda.