advertising

Pengertian Serta Sejarah Aplikasi Xampp

Carauntukmembuat.com –  Rekan-rekan software sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Xampp. Aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan instalasi berbagai jenis aplikasi. Xampp juga biasa digunakan untuk instalasi web yang kita buat. Beberapa hal tersebut merupakan fungsi xampp.

Pengertian

Pengertian Serta Sejarah Aplikasi Xampp

XAMPP adalah alat yang digunakan untuk memudahkan proses instalasi. XAMPP dapat digunakan untuk men-install berbagai jenis aplikasi maupun web. Fungsi XAMPP adalah aplikasi yang berdiri sendiri atau biasa disebut dengan localhost.

Sejarah Xampp

XAMPP adalah sebuah paket install yang multifungsi. XAMPP biasa digunakan untuk kegiatan paket install pihak ketiga. XAMPP ini bisa digunakan untuk berbagai jenis aplikasi maupun program web. Jadi kita dibebaskan untuk melakukan install dari pihak ketiga.

XAMPP merupakakn aplikasi yang dikembangkan oleh Kai ‘Oswalad’   Seidler dan Kay Vogelgesang ditahun 2002. XAMPP ini berkembang sebagai sebuah program non profit. Tujuan utama dari pembuatan XAMPP adalah media promosi. Melalui XAMPP, Kai’Oswalad Seidler dan Kay Vogelgesang ingin mengenalkan sekaligus mempromosikan Apache Web Server.

Siapa sangka, kini XAMPP menjadi aplikasi installer yang sangat populer. Banyak masyarakat yang menggunakan apliasi yang satu ini. XAMPP menjadi populer karena bisa diaplikasikan pada berbagai jenis program.

Kelebihan XAMPP

Alasan populer dan banyaknya pengguna XAMPP pasti tidak terlebas dari keunggulan yang ditawarkan. Salah satu keunggulan dari XAMPP adalah gratis. Alat ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa dipungut biaya apapun. Inilah kelebihan yang ditawarkan oleh XAMPP. Aplikasi yang memang dibuat bukan untuk profit.

XAMPP menawarkan banyak fitur yang dapat digunakan. Fitur yang ditawarkan XAMPP antara lain PHP, MySQL, serta Apache. Kalian bisa mendownload XAMPP melalui laman resminya jika ingin menggunakan XAMPP.

Bagian-bagian XAMPP

XAMPP memiliki beberapa bagian dengan fungsi yang beragam. Bagian pertama yang dimiliki XAMPP bernama htdoc. Htdoc ini merupakan sebuah folder yang digunakan untuk menyimpan script.

Bagian lainnya adalah Phpmyadmin. Phpmyadmin merupakan tempat atau area yang digunakan untuk mengelola MySQL yang ada pada komputer atau laptop kita. Silahkan buka mozzila atau google chrome untuk membuka MySQL. Tuliskan http://localhost/phpMyadmin maka secara otomatis kita akan diarahkan pada laman phpMyadmin. Bagian lainnya adalah control panel. Control panel ini secara singkat digunakan untuk melakukan kontrol pada program XAMPP. Contorl panel digunakan untuk melakukan start atau stop pada sebuah program.

XAMPP memiliki beragam bagian dan fitur yang menarik. Pantas banyak orang yang memanfaatkan tool gratisan ini untuk berbagai keperluan. Apabila kalian tertarik untuk menggunakan XAMPP silahkan kunjungi laman resminya. Demikian artikel mengenai XAMPP. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan mohon maaf apabila banyak kekurangan. Terimakasih atas perhatian para pembaca sekalian.