Tour & Travell

Mengenal Pengertian Perjalanan Pariwisata

Pariwisata adalah sebuah kegiatan yang mana memiliki serangkaian perjalanan menuju tempat – tempat rekreasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penyegaran kembali jiwa dan raga masing – masing peserta. Orang – orang yang melakukan kegiatan ini sering kali disebut turis. Namun berdasarkan informasi yang penulis dapatkan dari Organisasi Pariwisata Dunia, seseorang adalah turis bila perjalanan wisata mereka menempuh hingga 80 km. Pengetahuan baru yang mungkin baru kamu ketahui, kan?

Perjalanan wisata memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan perjalanan biasa. Pada perjalanan biasa kita hanya sekedar pergi menuju daerah atau kota tertentu untuk urusan lain. Selain itu tak masalah ketika ketika pergi seorang diri serta hanya memanfaatkan kendaraan pribadi.

Namun jika perjalanan tersebut akan membawa kita ke destinasi wisata maka lain keadaannya. Kita cenderung lebih memilih pergi beramai – ramai dengan memnfaatkan layananan sewa bus pariwisata.Bersama rombongan besar kegiatan wisata yang kita lakukan terasa kitan mengasikan. Ada suasana kebersamaan yang begitu hangat sehingga memberikan kesan tersediri kepada diri kita.

 

 

Makna Perjalanan Secara Umum

Pada dasarnya segala aktivitas yang membawa kita berpergian adalah sebuah perjalanan. Aktivitas ini mungkin akan mengajak kita mendatangi suatu tempat entah nantinya kita akan kembali ke tempat asal kita atau tidak. Sebatas berkeliling di satu daerah pun termasuk perjalanan. Keberadaan tujuan yang akan disambangi memimbulkan adanya jarak tempuh. Nah selama selama menempuh jarak antara tempat asal dan tujuan itulah perjalanan berlangsung.

Pengertian Perjalanan Wisata dan Cakupan Bidang ini

Secara singkat di atas kita telah menguraikan bagaimana perbedaan antara perjalanan wisata dengan perjalanan biasa. Mungkin banyak banyak diantara anda yang semakin penasaran akan wawasan kepariwisataan. Maka anda harus tahu keberadaan Undang – Undang No. 9 th. 1990 yang menjabarkan segala ketentuan terkait bidang tersebut.

Yang menarik pada UU ini, di Bab I pada pasal 1 kita akan menemukan penjelasan soal perjalanan wisata yang disepakati oleh pemerintah kita. Poin – poin dari pasal tersebut akan kami uraikan untuk anda disini, yaitu:

  1. Wisata merupakan perjalanan atau satu kegiatan dari sebuah agenda yang dilakukan untuk mendatangi objek wisata .
  2. Orang – orang yang melakukan kegiatan ini disebut wisatawan.
  3. Pariwiasta merupakan semua hal yang berhubungan dengan wisata. Terdapat di dalamnya adalah perusahaan pengelola tempat wisata serta badan – badan usaha terkait lainnya.
  4. Segala hal yang termasuk dalam masalah pelaksanaan pariwisata disebut kepariwisataan.

Dari empat poin diatas bisa kita ketahui perbedaan dari 4 istilah yakni, wisata, wisatawan, pariwisata, dan kepariwisataan.  Kepariwisataan menjadi istilah dengan cakupan paling luas. Jadi semua hal yang termasuk dalam poin – poin sebelumnya juga terwakilkan oleh istilah ini. Sebagai contoh perusahaan terkait bidang wisata seperti perusahaan sewa bus pariwisata Jakarta dapat kita sebut sebagai bagian dari kepariwisataan negeri ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *