product

Inilah Jenis Bahan-bahan Stiker yang Harus Kita Ketahui

Stiker merupakan salah satu produk percetakan yang sering kita jumpai. Biasanya stiker digunakan sebagai media promosi usaha. Selain itu stiker juga banyak dipakai untuk kebutuhan lainnya. Misalnya untuk souvenir maupun untuk hiasan layaknya tali lanyard

Inilah Jenis Bahan-bahan Stiker yang Harus Kita Ketahui

 

Stiker terbuat dari bahan yang memiliki daya rekat sehingga dapat ditempelkan di berbagai media yang padat. Misalnya stiker dapat ditempelkan di kendaraan seperti sepeda motor dan juga mobil. Hal ini bertujuan agar stiker dapat dilihat oleh banyak orang dan sebagai media promosi.

Bahan stiker terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa kita pilih. berikut ini informasi lengkap mengenai bahan yang digunakan untuk membuat stiker di dunia percetakan.

7 Bahan Stiker yang Biasa Dipakai di Percetakan

1. Stiker HVS

Bahan yang pertama adalah stiker HVS. Stiker HVS ini tidak disarankan untuk pemakaian di luar ruangan atau outdoor. Bahan ini tidak memiliki lapisan pelindung dan hanya terbuat dari kertas HVS biasa yang dimodifikasi dengan memberikan perekat di bagian belakangnya.

Daya rekat yang dimiliki oleh stiker jenis ini tidak begitu baik dan mudah terkelupas. Jika terkena air tintanya akan luntur. Stiker dengan bahan nafas ini lebih cocok digunakan di dalam ruangan. Bahan HVS untuk stiker terdiri dari dua ukuran yaitu A3 dan A4 yang bisa dicetak menggunakan printer inkjet biasa.

2. Stiker Chromo

Bahan yang kedua yaitu stiker Chromo. bahan ini sering kita jumpai pada label kemasan seperti label botol. Jenis kertasnya mengkilap atau glossy. bahan ini juga sama seperti bahan HVS yang lebih cocok digunakan untuk penggunaan dalam ruangan. Bahan Chromo sangat rentan apabila terkena air. Untuk mencetak stiker dengan bahan Chromo ini kita membutuhkan mesin offset.

3. Stiker One Way Vision

Bahan stiker one way vision ini merupakan salah satu bahan yang unik. Biasanya stiker ini ditempelkan di kaca mobil maupun kaca ruangan. Stiker ini hanya bisa dilihat dari bagian luar ruangan saja, sedangkan dari dalam ruangan kita tetap bisa melihat bagian luar tanpa terhalang oleh stiker tersebut.

Stiker jenis ini biasa digunakan di mobil sebagai media promosi dan untuk menutup kaca di ruang rapat agar tidak bisa dilihat dari luar. Sticker one way vision sangat tahan dengan air sehingga cocok digunakan di luar ruangan.

4. Stiker Scotlight

Bahan berikutnya yaitu stiker Scotlight. Bahan jenis ini biasanya kita temukan di tepian jalan untuk menandai marka jalan. Bahan jenis ini dapat memantulkan cahaya dengan sangat baik. Selain itu daya rekatnya juga sangat kuat.

5. Stiker Oracal

Jika kita sering melihat pembuatan cutting sticker, maka bahan oracal inilah yang digunakan. Stiker Oracal ini memiliki kelentukan yang baik sehingga mudah untuk dibentuk dan menyesuaikan dengan kontur bahan tempat melekatnya. Warnanya sangat banyak sehingga kita dapat bebas memilih warna sesuai dengan keinginan.

6. Stiker Transparan

Stiker transparan sering kita jumpai di berbagai tempat, misalnya dikaca mobil dan juga di display toko. Gambar dicetak di atas permukaan bahan yang transparan. Bahan ini memiliki daya rekat yang cukup baik dan tahan air.

7. Stiker Vinyl

Stiker vinyl banyak sekali dipilih sebagai bahan untuk pembuatan stiker. Bahan ini memiliki permukaan yang mengkilap serta dilapisi dengan plastik. Lapisan plastik ini membuatnya tahan akan air.

Itulah 7 bahan stiker yang biasa digunakan di dunia percetakan. Jadi bahan mana yang akan kita pilih untuk membuat stiker? Selamat memilih dan semoga berbagai informasi ini dapat membantu.