Konstruksi

Cermat Memilih Jenis Bekisting Untuk Ciptakan Beton Presisi

Memiliki bangunan yang kokoh tentu saja bukan simsalabim langsung jadi, melainkan perlunya melewati banyak proses dan kerjasama alat-alat tertentu. Dalam membangun bangunan yang kokoh diperlukan pondasi yang umumnya menggunakan baja dengan ukuran dan bentuk yang telah disesuaikan.

Jenis Bekisting

Ukuran baja dapat disesuaikan menggunakan bar bender dan bar cutter. Bar bender berfungsi untuk membengkokkan baja dan bar cutter untuk memotong baja. Kedua jenis bar ini dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dengan harga jual bar cutter dan bender yang variatif.

Harga bar bender dan bar cutter tergantung pada ukuran dan kemampuan bar dalam memotong dan membengkokkan kisaran 25.000.000 hingga 40.000.000 rupiah.

Selain baja, komponen lain yang berperan dalam mengokohkan bangunan adalah cor beton. Dalam aplikasinya, cor beton dibantu oleh bekisting yang merupakan cetakan pengecoran agar diperoleh bentuk tertentu.

Jenis-Jenis Bekisting

Dewasa ini, model bekisting semakin berkembang dari segi bahan hingga efektifitas yang semakin memudahkan dalam proses pembangunan. Adapun jenis bekisting yang dikenal adalah:

1. Bekisting konvensional

Bekisting ini merupakan jenis yang pertama kali dikenal dan ditemukan, terbuat dari papan tahan lembab dengan ketebalan 2 hingga 5 cm dan lebar 15 hingga 20 cm.

Papan atau kayu yang digunakan harus anti lembab dan tidak mudah melengkung sehingga mampu menciptakan bentuk yang presisi. Kayu atau papan dipasang di struktur bangunan kemudian dituang adonan beton. Setelah beton mengering kayu atau papan tersebut dilepas satu persatu.

Bekisting konvensiaonal ini terbilang jenis bekisting yang murah, hanya saja tidak disarankan bagi proyek besar karena pelepasan bekisting akan memakan waktu yang lama, menghasilkan bentuk yang tidak presisi dan menghasilkan limbah kayu yang terlalu banyak.

2. Bekisting knock down

Bekisting ini terbuat dari material besi hollow dan baja yang mampu menghasilkan bentuk yang lebih presisi dibanding dengan bekisting konvensional. Walaupun harganya lebih mahal dari bekisting konvensional, bekisting jenis ini memiliki lebih banyak keunggulan seperti hasil yang lebih presisi, mudah dibongkar, awet, bisa digunakan berkali-kali, dan membutuhkan sedikit pekerja.

3. Bekisting fiberglass

Bekisting fiberglass

Bekisting knock down dan bekisting fiberglass merupakan jenis bekisting yang termasuk modern. Bekisting fiberglass terbuat dari bahan fiberglass yang tahan air sehingga sangat cocok diaplikasikan pada proyek bawah tanah.

Sama halnya dengan bekisting knock down, bekisting fiberglass dapat digunakan berkali-kali, juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti kualitas presisi, ukuran, tingkat kerataan hingga siku-siku.

Dari ketiga jenis bekisting di atas, dua jenis bekisting terakhir adalah bekisting yang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan sedikitnya limbah dan sumber daya yang sulit diperbarui terbuang (karena pohon sebagai penghasil papan dan kayu semakin langka), hasilnya yang memuaskan, hingga kekuatan dan keawetan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *