Cara Memperbaiki dan Merawat Wallpaper Dinding
Interior

Cara Memperbaiki dan Merawat Wallpaper Dinding

Pelapis dinding atau yang biasa dikenal sebagai wallpaper dinding memang mampu mempermanis tampilan interior pada rumah atau kantor. Namun, wallpaper juga bisa rusak seperti robek atau bergelembung.

Bila hal ini terjadi, Anda jangan langsung memutuskan menggantinya, cukup Anda lakukan perbaikkan saja.

Untuk itu, sebaiknya Anda menyimpan sisa-sisa potongan wallpaper saat pertama kali memasang. Hal ini bisa sebagai penambal bagian wallpaper yang rusak.

 

Cara Memperbaiki Wallpaper yang Robek

Nah, berikut ini ada cara untuk memperbaiki wallpaper robek, mari kita simak penjelasannya.

  1. Samakan motif wallpaper Anda yang robek dengan potongan wallpaper yang akan ditempel, pastikan saling berhimpitan, hal ini dilakukan agar motifnya rapih dan tidak berbeda.
  2. Gunakanl cutter untuk memotong wallpaper yang akan ditempel.
  3. Setelah mendapatkan motif yang sama untuk menambal wallpaper yang robek, lepaskan wallpaper tersebut dengan cara membasahinya, kemudian bersihkan sisa-sisa kotoran yang tertinggal.
  4. Setelah dinding mengerikan, oleskan lem secukupnya pada bagian dinding yang akan ditambal.
  5. Terakhir tempelkan wallpaper yang sudah Anda siapkan lalu rekatkan secara perlahan.

 

Tips Merawat Wallpaper Agar Awet

Untuk bisa mendapatkan wallpaper yang awet dan tampak indah dari waktu ke waktu, Anda diharuskan untuk bisa merawatnya. Dan berikut beberapa tips merawat wallpaper berdasarkan bahannya sebagaimana dilansir dari Wallpaper Bagus:

  1. Wallpaper yang Berbahan Kertas

Jika Anda menggunakan wallpaper dengan bahan kertas, Anda harus berhati-hati saat membersihkannya mengingat wallpaper ini mudah rapuh.

Sebaiknya gunakan lap kering dengan tekstur halus untuk membersihkan permukaan agar wallpaper tidak mudah robek. Sementara untuk tempat yang tinggi, Anda bisa memakai alat alternative seperti sapu dibalu kain atau kaos bekas.

  1. Wallpaper yang Berbahan Vinyl

Wallpaper yang berbahan vinyl memiliki lapisan khusus pada permukaannya. Jadi, wallpaper yang satu ini cukup tahan lama terhadap suhu yang lembab dan noda minyak. Untuk membersihkannya, jauhi pemakaian spons kasar, batu apung, dan alat bertekstur kasar lainnya. Hal ini dikarenakan wallpaper berbahan vinyl rentan robek.

Alih-alih menggunakan alat-alat tadi, Anda bisa memanfaatkan kain kapas dan spons lembut yang dibaluri air hangat dengan campuran sabun khusus.

  1. Wallpaper Bahan Anyaman Serta

Jika dibandingkan dengan wallpaper dinding berbahan kertas, wallpaper yang satu ini lebih sulit untuk dirawat. Alasannya, pada bahan anyaman terdapat cela dimana debu bisa tersangkut dengan mudahnya. Namun, ada cara sederhana untuk membersihkannya, yakni memakai lap yang dibasahi sehingga proses pembersihkan semakin lancar dilakukan.

  1. Wallpaper Berbahan Kain

Seperti halnya merawat furniture yang berbahan kain, Anda bisa menggunakan vaccum cleaner untuk membersihkan wallpaper yang berbahan kain. Sementara jika ada noda membandel, gunakan sikat halus untuk membersihkannya.

Punya tips dan trik lainnya untuk memperbaiki dan merawat wallpaper dinding? Beri tahu kami di kolom komentar, yaa!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *