Blog

Cara Belajar SEO Untuk Blogger Pemula 2019

Anda baru masuk ke dunia blogger dan tidak tahu apapun tentang SEO? Tenang, di artikel kali ini sangat cocok untuk dibaca (dipahami juga). Jadi, anda tidak perlu lagi mencari referensi lain.

Tujuan kita mempelajari SEO adalah meningkatkan visibilitas blog sehingga orang lain mudah menemukan informasi yang berhubungan dengan konten blog kita dapat menemukannya di mesin pencari.

Dengan begini, tulisan yang kita buat bisa bermanfaat bagi orang lain dan kita pun merasa bangga karena jumlah pengunjung semakin meningkat.

SEO Untuk Blogger

7 Cara Belajar SEO Untuk Blogger Pemula

Berikut ini adalah 7  Cara Belajar SEO Untuk Blogger Pemula yang mudah diaplikasikan. Oke, mari kita simak.

  1. Sebisa Mungkin Gunakan Bahasa Indonesia Dengan Benar

Disini kami tidak menyuruh anda seperti penulis professional. Yang terpenting tulisan anda jelas, itu sudah lebih dari cukup.

Kenapa? Karena mayoritas pencari informasi yang menggunakan search engine seperti Google selalu mengetik kata kunci dengan Bahasa Indonesia. Sangat sulit menemukan Bahasa gaul. Begitu juga bahasa Daerah. Maka tentu saja, Bahasa Indonesia yang diubah sedikit dengan bahasa inggris juga termasuk buruk.

Oleh karena itu, sebaiknya biasakan diri anda untuk menulis Bahasa Indonesia dengan benar. Lebih universal, enak dibaca, dan nyaman maka di pandang lebih oleh mesin pencari.

  1. Buat Judul Yang Bagus dan Selipkan Kata Kunci

Jelas dan spesifik adalah judul yang bagus. Diselipkan kata kunci yang anda bidik. MIsalnya artikel ini, kata kunci utamanya adalah “Cara Belajar SEO Untuk Blogger Pemula”. Jika beruntung, maka artikel ini bisa di temukan oleh orang yang mengetik “Cara Belajar SEO”, “Belajar SEO Pemula”, atau “Cara SEO untuk blogger pemula 2019”.

Tapi perlu anda garis bawahi, disaat membuat judul, pastikan semuanya tetap sesuai dengan tata bahasa. Tanpa hal tersebut, meskipun konten anda berada di posisi atas, orang-orang tidak akan tertarik untuk masuk ke dalam postingan. Mereka lebih memilih judul dari blog lain yang memiliki tata bahasa yang bagus.

  1. Fokus Menulis. Jangan Terlalu Memikirkan Kata Kunci

Banyak blogger yang terjebak dalam kata kunci di dalam artikelnya. Mereka mengulang-ulang kata. Padahal itu sudah di cap jelek oleh mesin pencari. Seandainya bisa muncul di halaman pertama, itu hanyalah keberuntungan yang tidak bisa diulangi sesuka hati.

Peran kata kunci paling maksimal adalah 3 saja dalam artikel.

Menulislah untuk manusia, bukan untuk robot mesin pencari. Dengan demikian, ketika konten anda muncul di hasil pencarian lalu di klik oleh orang lain maka konten yang anda sajikan tidak mengecewakan.

Memang benar tujuan blogger adalah mendapati pengunjung sebanyak mungkin, namun bukan untuk mengecewakannya. Melainkan membantu mereka mendapatkan informasi yang tepat dan nyaman.

  1. Kepuasan Pengunjung Blog Anda Mesti Ditingkatkan

Faktor penentu menyelinap ke peringkat nomor satu adalah kepuasan pengunjung. Tidak seperti faktor lain, kepuasan pengunjung sulit diukur. Hanya Google yang memiliki data lengkap tentang perlilaku penggunannya. Tidak untuk dipublikasikan.

Ini merupakan teknik SEO tingkat tinggi, sehingga anda harus berusaha lebih keras demi mendapatkan kepuasan pelanggan. Buat mereka lebih lama di blog anda. Buat navigasi yang mudah dan desain semenarik mungkin. Buat kolom komentar, jika mereka menanyakan sesuatu segera jawab pertanyaan. Dengan demikian mereka akan berkunjung lagi.

Pada intinya, buatlah konten berkualitas sebanyak mungkin. Jangan pernah sekalipun menulis konten dengan kualitas rendah karena itu sangat berbahaya. Adanya algoritma terbaru 2019 membuat para penyedia informasi harus menyediakan informasi lengkap dan berbobot jika ingin kontennya tampil di halaman pertama.

  1. H1, H2, dan H3

Dari sudut pandang SEO, setelah tag judul, heading tag H1 sampai H3 mungkin menjadi elemen terpenting dari keseluruhan konten.

Agar enak di baca  dan dipandang mesin pencari bagus, anda menggunakan H1 untuk judul postingan. H2 untuk sub heading. Dan H3 untuk informasi penting dibawah sub Heading.

Catatan: H1 lebih efektif digunakan sekali dalam satu halaman. Sedangkant H2 dan H3 boleh anda gunakan lebih dari sekali.

  1. Dapatkan Backlink Berkualitas

Backlink Berkualitas

Saya merekomendasikan agar blogger pemula untuk berlatih menulis. Namun mendapatkan backlink berkulitas juga bisa memaikkan blog secara signifikan. Untuk mempelajarinya bisa ke situs http://ilmubacklink.com/.

  1. Update Blog Anda Secara Teratur

Yang paling terakhir adalah update lah blog anda secara teratur. Sebab Google lebih menyukai situs dinamis dibanding dengan situs statis. Itulah mengapa anda diharuskan menulis konten dengan teratur.

Jika update setiap hari, robot Google akan mengunjungi blog anda setiap hari. Itu sangat bagus karena artikel anda terindeks dengan cepat sehingga bisa bersaing dengan blog lain.