advertising

3 Bahan Utama Untuk Membuat Gelang Wristband Cantik-Mu Sendiri

Pusatsignage.com – Tak hanya populer digunakan para remaja sebagai aksesoris, wristband saat ini juga banyak digunakan dalam berbagai aktivitas. Misalnya saja sebagai tiket dan identitas untuk identifikasi orang-orang pada sebuah event, untuk identifikasi pasien di rumah sakit, bahkan ada juga wristband UV yang bisa digunakan sebagai pengingat untuk penggunanya memberikan tabir surya karena bisa berubah warna saat terkena sinar UV.

3 Bahan Utama Untuk Membuat Gelang Wristband Cantik-Mu Sendiri

3 Bahan Wajib Untuk Membuat Gelang Wristband

Kepopuleran dan kepraktisan wristband menjadikannya semakin digemari. Hingga muncul berbagai bisnis pembuatan wristband. Tapi, sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, loh. Tak perlu keterampilan khusus. Kamu hanya harus memiliki satu paket lengkap alat cetak wristband, juga menyiapkan 3 bahan utama ini untuk bisa membuat wristband.

1. Desain

Desain Wristband

Untuk membuat gelang wristband, kamu terlebih dahulu harus membuat desain. Mulai dari ukuran gelang, warna, sampai tulisan atau gambar yang akan kamu cetak pada gelang tersebut. Jangan sampai bahan sudah siap cetak, kamu lupa belum membuat desain ya.

2. Lanyard/ Kertas Tyvek/ Karet/ Rubber

Kertas Tyvek

Ada berbagai jenis bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat gelang wristband. Empat diantaranya yang paling sering digunakan yaitu lanyard, kertas tyvek, karet dan rubber. Masing-masing bahan ini memiliki karakter yang berbeda-beda.

Lanyard biasa digunakan untuk membuat ID Card karena karakternya yang kuat dan kedap air. Sedangkan kertas tyvek atau biasa disebut kertas Dupont biasa digunakan untuk membuat tiket gelang karena memiliki permukaan licin, cukup tahan air dan harganya yang murah. Terakhir, karet atau rubber yang kedap air, tahan lama, juga kuat biasa digunakan untuk membuat merchandise.

3.  Stopper/ Kait Pengikat

Stopper

Bahan utama kedua yang harus kamu siapkan untuk membuat tiket gelang wristband adalah stopper atau kait pengikat. Jenis stopper yang paling sering dicari adalah yang terbuat dari benang dan plastik tembaga. Stopper ini bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu.

Stopper berfungsi sebagai penghubung gelang dan memudahkan pengguna melepas gelang. Namun, ada juga gelang yang dibuat tanpa stopper, sehingga untuk memakai atau melepasnya harus melalui ujung tangan dan kemungkinan gelang tersebut cepat rusak menjadi lebih besar.

So, siap membuat gelang wristband-mu sendiri?